A.
Sejarah Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer berasal dari kata computere
artinya menghitung aritmatika. Komputer secara umu digunakan untuk proses
perhitungan artimatika, tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise
Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada
tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian
menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama
Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika
Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan
mesin hitung
DEFINISI
KOMPUTER MENURUT BEBERAPA PARA AHLI
Komputer berasal dari bahasa latin yaitu 'computare' yang
berarti arti menghitung. Karena luasnya bidang tentang ilmu komputer, para
pakar dan peneliti sedikit saling berbeda dalam mendefinisikan apa itu
komputer.
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan
dapat menerima informasi input secara digital, lalu memprosesnya sesuai dengan
program yang tersimpan didalam memorinya, dan kemudian menghasilkan output atau
keluaran berupa informasi (McGraw-Hill, 2001).
Beberapa definisi komputer menurut beberapa buku komputer
adalah sebagai berikut :
Komputer
Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) :
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan
beberapa tugas sebagai berikut :
1.
Menerima
input atau masukan
2.
Memproses
input tersebut sesuai dengan programnya
3.
Menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4.
Menyediakan
output atau keluaran dalam bentuk informasi
Komputer
Menurut buku Computer Today (Donlad H. Sanders) :
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data
yang cepat dan tepat serta akuran yang telah dirancang dan
diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input atau
masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu
langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored
program).
Dari berbagai banyak pendapat di atas, maka dapat
disimpulkan secara umum bahwa komputer merupakan suatu peralatan elektronik
yang dapat menerima input, mengolah input dengan menggunakan suatu program yang
tersimpan didalam memori komputer, memberikan output yang berupa informasi dan
dapat menyimpan program serta hasil pengolahan dalam suatu media penyimpanan
seperti hardisk, flashdisk atau penyimpanan lainnya.
selamat siang kawan dekat seluruhnya hari ini tulisan saya
meluncur sejumalah 16 tulisan perihal ini saya jalankan sebab terbatasnya
pelayanan internet sekarang dikampung lantas perlu di tulis satu kali didalam 1
minggu. kesempatan ini saya dapat mengulas berkenaan peristiwa komputer kita
sebagai pengguna komputer dari dulu sampai sekarang mestinya perlu juga tahu
bagaimana peristiwa dari komputer itu sendiri.
komputer di luncurkan sebagian generasi dari genrasi pertama
sampai ke generasi kelima dan komputer waktu saat ini ini.
komputer
generasi pertama
Generasi pertama pada waktu perang dunia dunia yang mana
seluruh negara-negara terlibat didalam perang tersebut yang mengusahakan terus
mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki oleh
komputer. pada th. 1941 konrad zuse seorang insinyur jerman membangun sesuatu
komputer z3 untuk mendesain pesawat serta peluru kendali.
Pada pihak sekutu juga kemajuan yang lain didalam
pengembangan kebolehan komputer sebagai pemecah kode rahasia yang disebut
colossus untuk memecahkan kode rahasia yang dimanfaatkan oleh jerman. resiko
dari pembuatan colossus tidak merubah perubahan industri komputer karena miliki
dua alasan. pertama, colossus tidaklah komputer sebaguna dia cuma di design
untuk memecahkan kode rahasia. ke-2, keberadaan mesin yang dibikin ini yakni
colossus dirahasiakan sampai perang berakhir. pada th. 1900-1973 seorang
insinyur harvard yang bekerja dengan ibm serta sukses menghasilkan kalkulator
elektronik untuk us navy. kalkulator berukuran panjang 1/2 bolah kaki serta
mempunyai kabel selama 500 mil.
Perubahan komputer lain pada saat waktu ini yaitu elecronic
numerical integrator and computer atau eniac. yang dibikin oleh hubungan kerja
pada pemerintah amerika serikat serta university of pennsylvania yang terdiri
dari 18. 000 tabung vakum, 70. 000 resistor, serta 5 juta titik solder komputer
tersebut amatlah besar sekali konsumsi daya listrik sebesar 160 kw. komputer
ini dirancang oleh john presper eckert th. 1919-1995 serta john w mauchly th.
1907-1980. eniaca ialah komputer serbaguna yang bekerja 1000 kali lipat lebih
cepat ketimbang mark i.
pada pertengahan th. 1940an, john von neumann th. 1903-1957
berhimpun dengan tim university of pennsylvania saat membangun rencana design
komputer sampai empat puluh th. untuk didalam tehnik komputer. von nemuman
mendesain electronic discreete variable automatic computer atau edvac pada th.
1945 gunakan memori dengan menyimpan baik program maupun data yang lain. tehnik
ini komputer melaksanakan pekerjaanya serta berhenti sesaat sesudah itu
lanjutkan pekerjaanya. kunci utama von neumann yakni unit pemrosesan sentral
atau cpu yang memungkin semua fungsi komputer untuk dikoordinasikan lewat satu
sumber tunggal. pada th. 1951 univac i atau universal automatic computer i
dibikin oleh remington rand jadi komputer komersial perrtama yang manfaatkan
model arsitektur von neuman tersebut.
Komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa
instruksi operasi dibikin dengan sepisifik untuk tugas khusus. tiap-tiap
komputer mempunyai program kode biner yang berlainan yang dimaksud dengan bhs
mesin. ciri lain dari komputer generasi pertama yakni pengunaan tube vakum yang
membuat komputerpada periode tersebut yang berukuran terlalu besar sekali serta
slinder magnetik untuk penyimpanan data.
Baik kawan dekat kita cukupkan dahulu tulisan berkenaan
peristiwa komputer ini kelak kita sambung lagi dengan generasi sesudah itu
sebab keterbatasan suatu hal lain kesempatan kita lengkapi lagi sampai
peristiwa komputer generasi pertama sampai komputer generasi kelima kedepannya.
terimakash sudah berkunjung dihalaman ini semoga berikan sedikit faedah sebab
ada kekuranganya saya mohon maaf namun saya dapat konsisten mengusahakan untuk
melengkapinya kelak. mohon like fanspage facebook saya serta tinggalkan
komentarnya yang relevan atau cocok isi tulisan ya kawan dekat seluruhnya.
Sejarah komputer yang perlu untuk
diketahui secara detail. Sejarah perkembangan komputer berawal dari penemuan
seorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah seorang
ilmuwan di dunia yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan
manusia, terutama perkembangan komputer.
Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin
penghitung (Difference Engine no.1)
merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan
komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal kompuer.
Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage
sebagai penemu konpur dan dijuluki sebagai bapak komputer.
Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:
1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.
1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.
1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.
1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.
ENIAC komputer memiliki berat 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Saat pertamakali dioperasikan Pertama seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati.
ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIAC tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana.
1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.
Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:
1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.
1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.
1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.
1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.
ENIAC komputer memiliki berat 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Saat pertamakali dioperasikan Pertama seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati.
ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIAC tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana.
1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.
Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan
mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain
games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar
sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan
menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
1. typewriter key
2. numeric key
3.
function key
4. special function key.
4. special function key.
1.
Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back
Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric
Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3.
Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special
Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch
Pad
Track
Ball
Pointing Stick
d. Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar Joy
Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat
ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader),
dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban
komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan
DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat
menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
h. Kamera
Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i.
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j.
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
C. Output Device
Output device
merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun
pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca
oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Hasil
pemrosesan tersebut dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan
(huruf,angka,simbol khusus), image (dalam betuk grafis atau
gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh
manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk
proses selanjutnya dari komputer.
Jenis-jenis output device :
a) Hard copy device
Alat yang
digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras,
misalnya kertas atau film. Hard copy device bersifat permanen
dan lebih portabel(dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat
dibawa kemana-mana). Contoh :printer, plotter, dan alat
mikrofilm.
b) Soft copy device
Alat yang
digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak
yang berupa sinyal elektronik. Contoh : video display (monitor),
flat panel, dan speaker.
c) Drive speaker atau
driver
Alat yang
digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin
pada media, misalnya magnetic disk atau magnetic tape.
Alat ini berfungsi ganda, yaitu sebagai alat output dan juga sebagai alat
input. Drive device yang menggunakan media magnetic
disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape
adalah tape drive.
Berikut ini contoh beberapa output
device yang sering digunakan pada seperangkat komputer.
1. Monitor
Monitor
adalah salah satu jenis soft copy device, karena keluarannya adalah
berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi
ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk
yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar
datar (flat). Monitor berfungsi untuk menampilkan data dan informasi yang
berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk
melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan ke dalam komputer
sudah dalam keadaan benar atau belum.
Jenis-jenis monitor
a. Cathode Ray Tube (CRT)
Monitor CRT
(Cathode Ray Tube) merupakan monitor konvensional dengan tabung sebagai media
penyebaran electron yang berfungsi untuk menghasilkan warna atau gambar.
Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan
tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun
1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas
gambar yang sangat bagus. Akan tetapi teknologi ini mempunyai satu kelemahan
yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung
yang digunakan. Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung
sinar katoda. Monitor CRT cenderung lebih murah dibandingkan jenis monitor
lain, CRT juga memiliki sudut pandang (viewing angle) yang
baik. Namun, monitor dengan tabung CRT ini memiliki banyak pengaruh buruk bagi
kesehatan penggunanya. Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos berlebihan
monitor pada mata dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Hal ini
disebabkan oleh radiasi sinar elektron pada tabung gambar monitor atau televisi
tabung.
Prinsip Kerja CRT
Dalam tabung
sinar katoda, elektron-elektron secara terarah, diarahkan menjadi pancaran
elektron, dan pancaran elektron ini difokuskan dengan alat “defleksi yoke” oleh
medan magnetik untuk diarahkan kearah posisi Horisontal dan Vertikal untuk
men”scan” permukaan di ujung pandang (anode), yang sebaris dengan bahan
berfosfor (biasanya berdasar atas logam transisi atau rare earth. Ketika
elektron menyentuh material pada layar ini, maka elektron akan menyebabkan
timbulnya cahaya. Untuk keperluan layar CRT ini supaya fosfor berpendar atau
bercahaya diperlukan tegangan tinggi yaitu sekitar 25 Kilo Volt sampai 27 Kilo
Volt dibangkitkan oleh alat yang bernama Flayback. Sebelum elektron ini
menyentuh fosfor, dilayar tabung kaca elektron-elektron itu menembus pelat yang
sangat tipis yang berlubang-lubang disebut skrin yang hampir sama luasnya
dengan lebar layar tabung untuk memfokuskan tiga bintik warna RGB ( Red, Green,
Blue ) untuk tabung layar warna. Pelat logam ini sangat tipis dan peka terhadap
mangnit, jika magnet kuat akan merubah bentuk pelat ini sehingga tidak rata dan
terjadilah warna yang semburat dan acak kerena tembakan elektron tidak terfokus
pada ketiga titik bintik-bintik RGB, dan kejadian ini disebut degausing.
b. Liquid Crystal Display
(LCD)
Monitor LCD
adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai
penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat
elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD
mendominasi jenis tampilan untuk komputer meja maupun notebook karena
membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit
panas, dan memiliki resolusi tinggi. LCD memiliki karakter bright yang nyaman
dimata serta bebas distorsi, tidak bergantung pada refreshrate, user frendly,
hemat listrik, ukuran yang ringkas, ringan serta tampilan yang lebih menarik.
Namun, LCD juga memiliki kekurangan seperti viewing angle terbatas, tampilan
gambar baik hanya di resolusi native-nya, response time dan ghosting, warna
kurang akurat, harga lebih mahal.
Prinsip Kerja LCD
Secara Sederhana
LCD (Liquid Crystal Display) terdiri dari dua bagian utama. yaitu Backlight dan
kristal cair. Backlight sendiri adalah sumber cahaya LCD yang biasanya terdiri
dari 1 sampai 4 buah (berteknologi seperti) lampu neon. Lampu Backlight ini
berwarna putih. Lalu bagaimana caranya LCD bisa menampilkan banyak warna ?
Disinilah peran dari kristal cair. Kristal cair akan menyaring cahaya
backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan
warna yang berbeda (jika anda masih ingat Pelajaran Fisika). Beberapa ratus
cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau
perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan tergantung pada sudut
refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula warna yang dihasilkan.
Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai tertentu. Kristal cair dapat
berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair adalah untuk merefleksikan
cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang sebelumnya putih bisa berubah
menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela. Jika ingin
menampilkan warna putih kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga
cahaya backlight yang berwarna putih akan tampil di layar. Namun Jika ingin
menampilkan warna hitam. Kristal Cair akan menutup serapat-rapatnya sehingga
tidak ada cahaya backlight yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil
warna hitam). Jika ingin menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi
kristal cair. Contrast Ratio adalah perbandingan tingkat terang (brightness)
pada posisi paling putih dan paling hitam. Pada waktu kristal cair menutup
serapat-rapatnya untuk menghasilkan warna hitam seharusnya tidak ada cahaya
backlight yang menembusnya. Namun kenyataannya masih ada cahaya backlight yang
bisa menembus kristal cair sehingga tidak bisa menampilkan warna hitam dengan
baik. Inilah salah satu kekurangan LCD. Jadi semakin besar Contrast Ratio maka
semakin bagus pula LCD dalam menampilkan warna. cara paling mudah untuk
mengetahui seberapa bagus Contrast Ratio LCD adalah dengan menampilkan warna
hitam di layar. Jika warna hitam tersebut cenderung abu-abu maka masih ada
sedikit cahaya backlight yang berhasil menembus kristal cair. Kristal cair pada
LCD bekerja dengan cara membuka dan menutup layaknya tirai. Proses buka tutup
ini berlangsung sangat cepat (mengikuti pergerakan gambar di layar). Karena
itulah ada istilah Response Time di LCD. Response Time adalah waktu yang
diperlukan untuk berubah dari posisi kristal cair tertutup rapat (waktu
menampilkan warna hitam) ke posisi kristal cair terbuka lebar (waktu
menampilkan warna putih). Jadi semakin cepat response time maka semakin baik.
Response Time yang lambat akan menimbulkan cacat gambar yang disebut ghosting
atau jejak gambar. Biasanya pada objek yang bergerak cepat dan menimbulkan
jejak gambar seperti beberapa bujur sangkar yang terlihat seperti persegi.
c. Organic Light Emitting
Diode (OLED)
OLED adalah
sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik.
OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan
layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang
mencapai kurang dari 1 mm. OLED merupakan piranti penting dalam teknologi
elektroluminensi. Teknologi tersebut memiliki dasar konsep pancaran cahaya yang
dihasilkan oleh piranti akibat adanya medan listrik yang diberikan. Teknologi
OLED dikembangkan untuk memperoleh tampilan yang luas, fleksibel, murah dan
dapat digunakan sebagai layar yang efisien untuk berbagai keperluan layar
tampilan. Jumlah warna dari cahaya yang dipancarkan oleh piranti OLED
berkembang dari satu warna menjadi multi warna Fenomena ini diperoleh dengan
membuat variasi tegangan listrik yang diberikan kepada piranti OLED sehingga
piranti tersebut memiliki prospek untuk menjadi piranti alternatif seperti
teknologi tampilan layar datar berdasarkan kristal cair. Monitor jenis ini
menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu
membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat
selebar CRT. Monitor OLED juga menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi
CRT, tetapi layar pada OLED dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di
belakang layar. Hal itu akan membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor
CRT. Kontras warna yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD. Keuntungan dari
monitor OLED ini adalah kualitas warna yang lebih baik, lebih hemat listrik
dibandingkan monitor LCD pada ukuran yang sama, bebas merkuri dan desain
yang sangat tipis. Kekurangannya, harganya lebih mahal dari monitor LCD,
sehingga sulit dijangkau oleh masyarakat umum.
Prinsip Kerja OLED
Mekanisme
kerja OLED yaitu jika pada elektroda diberikan medan listrik, fungsi kerja
katoda akan turun dan membuat elektron-elektron bergerak dari katoda menuju
pita konduksi di lapisan organik. Keadaan ini mengakibatkan munculnya lubang (hole)
di pita valensi. Anoda akan mendorong lubang untuk bergerak menuju pita
valensi bahan organik. Keadaan ini mengakibatkan terjadinya proses
rekombinasi elektron dan lubang di dalam lapisan organik dimana elektron akan
turun dan bersatu dengan lubang lalu memberikan kelebihan energi dalam bentuk
foton cahaya dengan panjang gelombang tertentu. Pada akhirnya akan diperoleh
satu jenis pancaran cahaya dengan panjang gelombang tertentu bergantung pada
jenis bahan pemancar cahaya yang digunakan.
d. Plasma
Plasma adalah
sebuah layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh fosfor yang
tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas.
Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD),
tetapi menggunakan sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon). Campuran gas ini
sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya. Plasma mempunyai reproduksi
warna yang sangat baik, kontras warna yang baik, dan memiliki resolusi yang
tinggi. Tetapi, karena teknologi yang digunakan, monitor plasma sangat mudah
panas. Malah di beberapa kasus, bila suhu ruangan tempat ia diletakkan tidak
stabil, bisa juga meledak. Monitor jenis ini rentan dengan noise (gangguan pada
gambar), seperti efek gosong di gambar, smearing (tertinggalnya sinyal gambar
di layar), juga color binding (lambatnya perubahan warna pada adegan-adegan
cepat).
Prinsip Kerja Plasma
Mekanisme
kerja Plasma Monitor yaitu dengan menggunakan cahaya yang dipancarkan dari
pelepasan Plasma. Untuk menghasilkan hal tersebut di lakukan penyekatan dari
sebuah pencampuran gas diantara dua lembar kaca yang membawa elektroda pada
interiornya. Selanjutnya diaplikasikan fosfor R,G dan B pada permukaan plat
tadi ketika voltase listrik dilewatkan diantara elektroda, maka dihasilkan
sinar ultraviolet yang merangsang fosfor untuk memancarkan cahaya dan
menciptakan gambar di layar.
2) Printer
Printer
merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar
ataupun grafik didalam media kertas. Printer termasuk jenis hard copy
device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer
memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran
kertas yang dapat digunakan pun beragam.
Jenis-jenis printer
a. Daisy Wheel Printer
Printer jenis
ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan. Oleh
pemakai, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang
diinginkan. Cara bekerjanya relatif sangat lambat serta tidak lebih cepat dari
mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah
bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk
mencetak gambar ataupun grafik. Pada saat mencetak, mekanisme dari printer akan
memutar piringan sehingga posisi huruf yang dibutuhkan bisa tepat pada tempat
yang dibutuhkan. Pada posisi seperti itu, hammer (palu/pemukul) akan menekan
huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita (karbon) dan kemudian
diteruskan diatas kertas yang berada dibalik karbon/pita. Terjadilah pencetakan
huruf demi huruf. Dikarenakan cara mencetak printer jenis ini berdasar huruf
demi huruf, maka printer ini juga dikenal sebagai character-printer. Kecepatan
cetaknya relatif lambat, yaitu berkisar 40 hingga 100 karakter per sekon.
b. Dot Matrix Printer
Dot matrix
adalah sistem pembentukkan karakter dari sejumlah titk-titik. Printer dot
matrix mempunyai elemen yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita
sehingga dapat mencetak pada kertas. Head dari printer jenis ini, terdiri atas
7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom.
Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui
gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan
karakter printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80,
adalah 80 karakter per sekon. Pada saat head printer bergerak dari kiri kekanan
sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan
jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon
yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.
Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri
dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot matrix
sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color.
Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4
warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.
c. Thermal Printer
Thermal
printer sangat berbeda dan berbeda dari printer inkjet normal atau bahkan
printer laser. Sama seperti namanya, thermal printer menggunakan panas untuk
mencetak di atas kertas, bukan cartridge tinta yang biasa
digunakan oleh printer jenis lainnya. Dengan teknologi ini, membuat thermal
printer tidak bising (malahan beberapa jenis tidak mengeluarkan suara). Printer
ini juga dapat mencetak sangat cepat karena tidak menggunakan pin-pin seperti
pada dot matrix printer. Printer ini memiliki harga yang lebih tinggi diatas
dot matrix, namun justru dengan kelebihan yang dimiliknya tadi menyebabkan
thermal printer banyak dipakai. Beberapa kegunaan thermal printer adalah cetak
struk pada SPBU, mesin antrian, mesin ATM, kios informasi, sistem point of
sales seperti di kasir.
d. Ink Jet Printer
Ink jet
printer adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Ink jet
printer yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak
sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.
Resolusi printer inkjet saat ini dapat mencapai 5760×1440 dpi. Pada printer
jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara
menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang
pipa yang sangat kecil. Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen
printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. Panas tersebut dapat
membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin
menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena
menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa
kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa
dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus
pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan
pada bagian pencetak di mesin printer.
e. Laser Jet Printer
Laser jet
printer merupakan jenis printer yang paling bagus kualitasnya di
banding dua jenis printer sebelumnya. Alat mencetaknya tidak
menggunakan tintamelainkan menggunakan bubuk toner dan
pencetakan menggunakan infra merah.Printer ini juga menawarkan
kecepatan pencetakan yang tinggi. Bahkan mesin yang tergolong kelas rendah dari
golongan laser inipun masih memiliki kecepatan yang tinggi
dibandingkan dengan printer ink jet atau dot matrix. Minimal dua
kali lebih cepat dari printer ink jet. Kerja printer laser mirip dengan mesin
fotocopy, yaitu menggunakan photographic drum. Kualitas cetakan yang dihasilkan
selain cepat juga cukup tajam. Printer laser sangat tepat digunakan bagi mereka
yang frekuensi mencetaknya sangat tinggi. Biasanya adalah perkantoran
perkantoran. Namun, tidak menutup juga home user menggunakan printer laser.
Hanya saja untuk printer laser berwarna yang kualitasnya sama dengan ink jet,
harganya dapat dua kali lebih mahal dari printer ink jet itu sendiri.
3) Plotter
Plotter
merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output
komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada
sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima.
Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar
landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari
segala kegiatan yang ada. Head dari plotter terdiri dari beberapa buah
pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna
menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer.
Secara umum, bagian yang ada didalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu
drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi
dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menyelusuri permukaan
kertas guna menghasilkan gambar.
3-SPEAKER
Fungsi speaker pada komputer sama dengan
fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar
hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar
tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang
menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan
kepuasan yang lebih.
4-PLOTTER
Plotter
secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara
umum adalah ukuran dan peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak
pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan
gambar ukuran besar lainnya.
Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)
Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)
5-HEADPHONE
Fungsi
headphone sama dengan fungsi speaker. Yang membedakan secara garis besar
hanyalah pada ukurannya. Headphone dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu
memerlukan banyak tempat.
D. Komponen Komputer
Cashing
Cashing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya
Power Supply
Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika
tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau
berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini.
Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai
arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard
disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.
Motherboard / Mainboard
Motherboard
adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan
komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card,
hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan
setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu
sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing,
spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas
maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.
Processor
Jika
sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak
manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah
komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan
perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari
tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard
kalian, apakah socket AM2, socket LGA, atau lain sebagainya.
RAM
RAM
adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang
berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita
jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum
membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang
dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain
sebagainya.
Video
card
Video
card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output
gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian
harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard
kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.
Hard disk
Hard
disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar
kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga
data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk
kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki
oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.
Optical Disc Drive
Walaupun tanpa
sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi
rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi
dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika
suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau
DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc
Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya.
Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu
interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau
lain sebagainya.
Monitor
Monitor
adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output
dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini
adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan
orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor)
karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan
lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.
Keyboard
Keyboard
Keyboard
adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk
mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini
memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang
bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain
sebagainya.
Mouse
Mouse
adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di
layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah
program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse
untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain
sebagainya
Ø Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan,
yaitu ;
1. Hardware (perangkat keras),
Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapatkita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari:
1. Hardware (perangkat keras),
Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapatkita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari:
- Input/Output Device (I/O Device), Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran,seperti keyboard dan printer.
- Storage Device (perangkat penyimpanan), Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
- Monitor /Screen Monitor, merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kitaketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga denganVisual Display Unit (VDU).
- Casing Unit, adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
- Central Procesing Unit (CPU), adalah salah satu bagian komputer yang paling penting,karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakincanggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanyaharganya akan semakin mahal.
2. Software (perangkat lunak),
Merupakan program-program komputer yang bergunauntuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Programtersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Softwareterdiri dari beberapa jenis, yaitu;
Merupakan program-program komputer yang bergunauntuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Programtersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Softwareterdiri dari beberapa jenis, yaitu;
- Sistem Operasi - seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yangberfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehinggamasing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputertak dapat difungsikan sama sekali.
- Program Utility - seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsiuntuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PCTools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampumemberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yangtelah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal inidapat dilakukan.
- Program Aplikasi - seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khususmelakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Makaprogram ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan olehdepartemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmerkomputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan gunakeperluan interennya.
- Program Paket - seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open officedll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyakorang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemenkeuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat suratpenawaran dan lain sebagainya.
- Bahasa Pemrograman - PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll.
Bahasa pemrograman ini biasanya
dibagi atas 3 tingkatan, yaitu:
- Low Level Language - Merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
- Midle Level Language - Merupakan bahasa pemrograman tingkat menengahdimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakansingkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) danMOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
- High Level Language - Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC,dBase, Visual Basic, VB.Net dan lain-lain.
E.
Media Penyimpanan
Disini terdapat 2 kategori media penyimpanan dan beberapa macam alat penyimpanan komputer, diantaranya :
Disini terdapat 2 kategori media penyimpanan dan beberapa macam alat penyimpanan komputer, diantaranya :
- Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)
Media
penyimpanan magnetik bersifat non volatile artinya data tersimpan dalam media
penyimpanan meskipun sudah tidak ada daya listrik yang mengalir. Ada beberapa
media penyimpanan Magnetik dianataranya :
1.
Hardisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.
Ada
beberapa jenis hardisk yang dapat kita ketahui, diantaranya : hardisk ATA,
SATA, dan SSD.
2.
Flashdisk
Seperti yang kita tahu, flashdisk merupakan alat penyimpanan yang paling mudah dibawa kemana-kemana, karena ukurannya yang relatif kecil. Tidak hanya itu, meskipun ukurannya kecil flashdisk mempunyai memori atau tempat penyimpanan yang lumayan besar, ada yang 2GB, 4GB, bahkan sudah ada yang mencapai 1TB atau 1024 GB.
Nama
lain dari Flashdisk sendiri adalah USB Drive, Pen Drive, Microdisk, Pocket
Drive.
3.
Floppy Disk
Floppy
disk adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk
persegi panjang dengan daya penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB.
Media
Penyimpanan Optical (Optical Disk)
1. CD
CD adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar750MB.
2. DVD
DVD merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitassebesar 17GB.
3. Blue Ray
Jika sebelumnya ada CD dan DVD, versi selanjutnya yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB.
4. Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)
Fluorescent merupakan yang saat ini menempati media penyimpanan yang paling besar, betapa tidak dengan kapasitas penyimpanannya sebesar 140 GB mampu membaca data sebesar 1GB perdetik. Biasa disebut juga FM Disk, permukaannya yang transfaran bisa dilihat dari sisi depan atau belakang, karena dua sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data alias Multilayer.
F. Jenis ICT
Peralatan Teknologi Informasi adalah
peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan
melalui media elektronik maupun cetak.
Yang termasuk peralatan teknolgi
Informasi adalah:
1.Cash Register.
yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir.
1.Cash Register.
yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir.
3. Komputer
yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi.
yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi.
4.
Laptop /Notebook
Yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat di lipat dan dibawa-bawa karena menggunakan bantuan baterrai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik.
Yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat di lipat dan dibawa-bawa karena menggunakan bantuan baterrai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik.
5.Deskbook
Yaitu peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan Monitor sehingga mudah diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus menggunakan listrik langsung. Karena belum dilengkapi batterai.
Yaitu peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan Monitor sehingga mudah diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus menggunakan listrik langsung. Karena belum dilengkapi batterai.
6.
Personal Digital Assistant (PDA) / Komputer genggam
Yaitu peralatan sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan saku, tetapi manfaatnya hampir sama dengan komputer dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai Handphone (PDA Phone)
Yaitu peralatan sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan saku, tetapi manfaatnya hampir sama dengan komputer dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai Handphone (PDA Phone)
7.Kamus
Elektronik
yaitu perlatan elektronik yang digunakan untuk untuk menterjemahkan antar bahasa.
yaitu perlatan elektronik yang digunakan untuk untuk menterjemahkan antar bahasa.
8.MP4
Player
yaitu peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game.
yaitu peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game.
9.Kamera
digital
yaitu perlatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
yaitu perlatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
10.Alqur’an
Digital
yaitu Perlatan yang digunakan untuk menyimpan data berisi Alqur’an yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
yaitu Perlatan yang digunakan untuk menyimpan data berisi Alqur’an yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
11.Flash
disk
yaitu media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak.
yaitu media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak.
12.MP3
Player
yaitu Perlatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
yaitu Perlatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
13.Televisi
Yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara langsung .
Yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara langsung .
14.Radio
Yaitu Perlatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.
Yaitu Perlatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.
15.
Koran
Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.
Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.
16.Majalah
Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan.
Yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan.
PERALATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
1.Telephone
yaitu Peralatan teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara .
Telephone ada tiga macam.
a.Fixphone (deskphone)yaitu alat komunikasi yang berbentuk Pesawat Sambungan Tekan Nomor dengan menggunakan kabel yang sifatnya permanen yang tidak bisa dipindah ketempat yang tidak ada kabel jaringannya. Contoh jenis telphone ini adalah telpone yang dipakai dirumah-rumah atau kantor menggunakan kabel telkom.
yaitu Peralatan teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara .
Telephone ada tiga macam.
a.Fixphone (deskphone)yaitu alat komunikasi yang berbentuk Pesawat Sambungan Tekan Nomor dengan menggunakan kabel yang sifatnya permanen yang tidak bisa dipindah ketempat yang tidak ada kabel jaringannya. Contoh jenis telphone ini adalah telpone yang dipakai dirumah-rumah atau kantor menggunakan kabel telkom.
b.Phone
Celluler. Yaitu alat komunikasi tanpa kabel yang berupa pesawat celuler yang
bentuknya cukup kecil yang dapat dibawa pergi sampai keluar kota. Pesawat
celluler ini harus menggunakan kartu jaringan agar dapat digunakan .sering
disebut dengan handphone karena pesawat ini digunakan cukup ditaruh ditangan .
contoh Telephone jenis ini ada 2 macam, yaitu GSM seperti Mentari Simpati,Xl,
Matrik,dan CDMA seperti Flexi, Fren, Esia, Starone,Ceria adapun merek-merek
yang sering digunakan adalah Nokia, Siemens, Samsung, Sony Ericsson, dll.
c.Fixphone
celluler (wirless deskphone)
Yaitu perlatan komunikasi yang berbentuk telphone duduk tanpa kabel yang dapat dipindah ketempat lain. Telepon jenis ini harus menggunakan kartu jaringan khusus CDMA seperti felxi, ceria, fren atau Esia.
Yaitu perlatan komunikasi yang berbentuk telphone duduk tanpa kabel yang dapat dipindah ketempat lain. Telepon jenis ini harus menggunakan kartu jaringan khusus CDMA seperti felxi, ceria, fren atau Esia.
2.Faximile(fotocopy
jarak jauh)
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan kepada sesama alaat tersebut melalui sambungan telephone. Contoh merek : Brother: Canon, HP, Epson dll.
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan kepada sesama alaat tersebut melalui sambungan telephone. Contoh merek : Brother: Canon, HP, Epson dll.
3.Telegraph
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telephone. peralatan ini cikal bakal teknologi modern.
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telephone. peralatan ini cikal bakal teknologi modern.
4.Pager
(Penyeranta)
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpa kabel.
Yaitu perlatan komunikasi yang digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpa kabel.
5.Walky
talky
yaitu peralatan komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter.
Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif ,namun komunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama.
Komunikasi jenis ini sering dinamakan brik-brikan ,dan yang sering menggunakan komunikasi dengan alat ini adalah pihak kepolisian dilapangan.
yaitu peralatan komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter.
Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif ,namun komunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama.
Komunikasi jenis ini sering dinamakan brik-brikan ,dan yang sering menggunakan komunikasi dengan alat ini adalah pihak kepolisian dilapangan.
6.Internet
Mesenger yaitu komunikasi antara satu orang dengan orang lain menggunakan teks,
suara atau video dengan komputer, komunikasi jenis ini dapat dilakukan dengan
satu orang atau beberapa orang sekaligus (confenece) .komunikasi jenis ini
selain menggunakan teks (chatting) tetapi juga dapat menggunakan suara
(voice) bahkan sekarang dapat juga menggunakan streaming (Messenger dengan webcam).
(voice) bahkan sekarang dapat juga menggunakan streaming (Messenger dengan webcam).
7.
Email yaiitu Media komunikasi yang digunakan untuk berkirim surat atau data
melalui internet .Komunikasi melalui email lebih efisien selain tidak perlu
membayar proses pengirimannya sangat cepat sampai. Contoh Perusahaan pembuat
email: yahoo, plasa, hotmail, gmail, mailcity dll.
8.Surat
POS yaitu: Media pengiriman surat biasa melalui jasa pengiriman paket pos,
biasanya pengiriman pos memakan waktu yang lebih lama, karena pengirim harus
mengetahui alamat surat dengan jelas.
1.
Aspek NAM, dengan meberikan film pada
anak dengan di dalamnya ada moral yang terkandung sehingga perkembngan nilai
agama dan moral anak dapat terlatih dengan baik.
2.
Aspek motorik terbagi atas 2 yaitu kasar
dan halus,pada motorik kasar misalnya
olahraga senam yang bisa di ikuti oleh anak, pada motorik halus misalnya anak
sudah mampu menggerakkkan mouse.
3.
Aspek kognitif, misalnya mengenalkan
warna , bentuk, warna , ukuran dan pola melalui media elektronik.
4.
Aspek social emosional, mau berbagi,
menolong, membantu teman,dan menghargai orang lain. Contohnya : ada anak yang
tidak membawa makanan kemudian guru memberikan pengertian pada anak yang
membawa makanan sehingga anak di ajarkan berbagi dengan teman.
5.
Aspek bahasa , menghafal lagu anak
sederhana, memahami cerita dongeng sederhana. Contohnya : seorang guru memberi
video lagu anak-anak apada anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar